Selamat Datang di Blogger Bang Endut, Semoga Bermanfaat! Enjoy...

Senin, 24 Oktober 2011

Pengertian Sistem Informasi menurut para Ahli

1. Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)
 Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
 2. Bodnar dan HopWood (1993)
 Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
 3. Alter (1992)
 Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.

 4. Pengertian Sistem Informasi menurut Robert dalam Jogiyanto (2000) adalah informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

 Pengertian Sistem Informasi
 Menurut John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La
 Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi
 adalah :
 Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas
 atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang
 bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting,
 proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu
 manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan
 menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
 Sedangkan menurut Henry Lucas (1988:35) yang
 diterjemahkan oleh Jugianto H.M, menyatakan bahwa sistem
 Informasi adalah :
 Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedurprosedur
 yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan
 menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan
 keputusan dan pengendalian di dalam organisasi.
 Menurut John F.Nash dan Martil B.Robert (1988:35) yang
 diterjemahkan oleh Jugianto H.M, menyatakan bahwa ;
 Sistem Informasi adalah kombinasi dari orang-orang,
 fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan
 pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur
 komunikasi pentingm, memproses tipe transaksi rutin
 tertentu, memberi sinyal kepada manajemen yang lainnya
 terhadap kejadian-kejadian internal.
 Prepared by Ridwan Iskandar Sudayat, SE.
 Dari ketiga pengertian sitem informasi diatas, maka dapat
 disimpulkan bahwa Sistem Informasi menyediakan informasi untuk
 membantu pengambilan keputusan manajemen, operasi perusahaan
 dari hari ke hari dan informasi yang layak untuk pihak luar
 perusahaan.
 Selain itu pengertian sistem informasi menurut Rommey
 (1997:16) yang dialihbahasakan oleh Krismiaji (2002; 12) adalah
 sebagai berikut ;
 Sistem Informasi adalah cara-cara yang diorganisasi untuk
 mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan
 data dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan,
 mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi
 sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat
 mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
 Gambar Proses Data Menjadi Informasi Sumber Azhar Susanto (2003:7)
 Tujuan Sistem Informasi :
 1. Menyediakan informasi untuk membantu pengambilan
 keputusan manajemen
 2. Membantu petugas didalam melaksanakan operasi perusahaan
 dari hari ke hari
 3. Menyediakan informasi yang layak untuk pemakai pihak luar
 perusahaan.

Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.[1]
 Penulis lain, Burch dan Strater, menyatakan: informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.[2]
 Sedangkan George R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.[3]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar